Menu Dropdown

Jumat, 03 Februari 2012

cerpen " MANTAN KEKASIHMU"


by : Istiana Khairany

“hati aku terlalu sakit dan terluka sama kelakuan dya yg dulu pernah nyakitin aku, aku ngomong ini ke kamu biar kamu tahu aja kalau aku nggak mau kejadian seperti dulu terjadi lagi ke aku”. Tutur vino
“iya vin, aku tahu apa yang dari dulu kamu takutin. Kita udah pacaran satu tahun, udah tahu satu sama lain. Aku nggak akan macem macem kok”. Itu yg di katakan anggun cewe yg satu tahun ini mengisi hari hari vino.
Malam itu aku dan vino sedang membicarakan mantan kekasih vino yg tiba tiba datang kembali. Namanya Sesi mereka sudah berpisah 2 tahun yang lalu sebelum aku berpacaran dengan vino. Sekarang tiba tiba dya datang kembali menemui vino.
Awalnya ketika aku sedang memegang hp vino tiba tiba saja ada bbm masuk dan aku langsung membacanya. Ternyata itu dari sesi, ternyata sudah seminggu ini mereka suka bbman dan Cuma sekedar bertanya tentang kabar dan kesibukan masing masing.
Suatu sore ketika aku sedang duduk duduk di cafe coffe bersama vino.
“anggun, besok aku mau ketemu sesi. Boleh ya? Kita Cuma mau ketemu sama ngobrol ngobrol aja kok”. Kata vino sambil memainkan hp bb nya.
“Cuma ber 2 ?” tanya anggun sedikit bete
“sepertinya iya, aku nggak akan macem macem kok”. Tutur vino meyakini anggun.
“untuk kali ini aku bolehin, tapi lain kali nggak akan aku bolehin”.
“aku kan Cuma ngobrol ngobrol doang sama dya”
“iya terserah kamu!” bentak anggun sedikit kesal.
Setelah itu vino hanya bisa diam.
#####
Keesokan harinya.
“kok tumben tadi masuk kampusnya telat?”. Tanya nia sahabat baik anggun
Lalu anggun hanya diam dan melamun, tidak menjawab pertanyaan sahabatnya itu.
“anggun!!!!!!” hentak nia sedikit menyadarkan lamunan anggun.
“niaaaaaa gue kan nggak bolot”
“ada apa sih nggun? Ada yang lagi di pikirin ya? Cerita cerita lah nggun”.
“iya nih gue lagi mikir sebenarnya gue salah atau nggak ya?”.
“lo abis ngelakuin kesalahan nggun? Sama siapa?”.
“bukan itu niaaa”.
“terus apa dong anggun, kalau ada apa apa cerita aja nggun gue kan sahabat lo”.
“coba deh gue tanya sama lo. Kalau mantan nya pacar mau ketemu pacar lo. Lo bakal bolehin atau nggak?”.
“hmmm .... jujur ya kalau gue ini adalah tipe cewe yang cemburuan. Jadi jangan kan ketemuan, smsan, bbman, atau pun teleponan juga nggak akan gue bolehin”.
“kenapa lo nggak bolehin?”.
“gini ya nggun, kalau gue bolehin itu sama aja gue ngasih kesempatan buat mantan nya ngedeketin pacar gue lagi”.
Setelah mendengar jawaban nia anggun kembali melamun dan diam seribu bahasa.
“ya ampuuunn! Jangan bilang kalau lo yang lagi ngalamin kondisi kayak gitu”.
“gue nggak bilang pun lo juga udah nebak kan”.
“jadi mantannya vino?”.
“iyalah! Siapa lagi coba. Cowo gue kan vino doang”.
“mereka mau ketemu kapan? Sejak kapan mereka berhubungan?”.
“ketemunya nggak tahu kapan, berhubungannya udah seminggu yang lalu lewat bbm”.
“lo jangan berfikiran negatif dulu ya nggun, mungkin vino ketemu mantannya cuma buat menjalin hubungan yang baik menjalin silaturahim”.
“tapi tadi gue tanya sama lo. Tapi lo jawabnya gitu. Gue salah ya ngebolehin vino ketemu mantannya?”.
“lebih baik lo tanya sama diri lo sendiri. Lo ngerasa nyaman nggak kalau mereka ketemu. Kalau lo risih mending lo jujur sama vino. Dya juga pasti ngerti kok”.
Tiba tiba saja hp anggun berbunyi dan anggun langsung mengangkatnya.
Selesai mengangkat telepon anggun langsung memeluk nia sahabatnya.
“anggun, lo kenapa? Tadi siapa yang telepon?”.
“vino yang telepon. Katanya nggak bisa pulang bareng. Dya mau ketemu sesi”. Tutur anggun sambil melepas pelukannya dari nia
“tuh kan lo cemburu. Udah tahu lo cemburuan dan cengeng. Pake segala bolehin mereka ketemuan lagi. Kalau gini yang sedih siapa? Ya elo kan. Jadi galau kan”.
Tanpa berkata kata anggun langsung memeluk sahabatnya kembali sambil bersedih.
#####       
Malam ini rencana nya vino akan kerumah anggun pukul 19:00 tapi sudah pukul 19:30 vino tidak kunjung datang.
Setelah itu suara telepon anggun berdering kembali ternyata itu dari vino.
“hallo, anggun kamu dimana?” suara vino terdengar jelas di telinga anggun.
“aku dirumah. Lagi nunggu kamu. Kamu kenapa nggak dateng dateng”.
“anggun maaf banget ya, aku kayaknya nggak bisa kerumah kamu. Aku masih sama sesi. Jalan kerumah kamu pasti macet, bisa bisa aku malem banget sampe rumah kamu”.
“apa???????? Dari pulang kampus sampai sekarang kamu masih sama sesi?”.
“iya sayang, seruuuu banget abisnya sampe nggak ingat waktu. Besok aja ya aku jemput kamu pagi pagi. Kita berangkat ke kampus bareng”.
 “nggak usah aku bisa jalan sendiri!!!” anggun langsung menutup teleponnya.
#####
Keesokannya di kampus.
“hari ini kita pulang bareng ya” tutur vino
“nggak bisa, aku mau jalan sama nia. Mau cari buku”.
“yaudah kalau gitu aku ikut ya? Aku anter kamu sama nia”.
“nggak usah nia bawa mobil kok”.
“kamu masih marah ya sama aku yang soal kemarin”
“aku nggak marah kok sama kamu, kamu nggak mau cerita kemarin ngapain aja?”.
“iya sayang kemarin tuh kita Cuma ngobrol ngobrol aja. Anggun denger ya, aku nggak akan macem macem kok sama dya. Aku Cuma mau menjalin hubungan baik aja kok sama dya”.
“iya jangan sampai kamu macem macem ya sama dya. Inget aja dulu apa yang udah dya lakuin ke kamu”.
“iya sayang aku tahu kok”. Kata vino sambil tersenyum manis ke anggun
 #####
Setelah pulang kampus anggun dan nia pun langsung pergi menuju toko buku yang akan mereka datengi yang berada di Mall deket kampus.
“gimana nggun pertemuan vino sama mantannya?”.
“ya begitulah, katanya sih mereka Cuma menjalin hubungan yang baik aja”.
“sebenernya mereka putus gara gara apa sih?”. Tanya nia penasaran.
“mereka putus udah 2 tahun yang lalu sebelum gue pacaran sama vino. Putus gara gara si cewe itu selingkuh”. Jawab anggun dengan muka sinis
“waduh jadi tuh cewe selingkuh”.
“iya makanya vino suka wanti wanti sama gue biar gue nggak macem macem kayak mantannya. Dan dya nggak mau kejadian itu terulang kembali”.
“vino baik juga ya. Dimana mana cowo kalau udah disakitin gitu mana mau berhubungan baik, tapi dya malah milih buat berhubungan baik sama mantan yang pernah nyakitin dya”.
“tapi mereka putusnya baik baik kok. Vino memilih buat ngelepas tuh cewe. Daripada tambah sakit hati”.
“waah hebat tuh vino. Tapi sekarang kan dya udah dapet gantinya yang lebih baik lagi, yaitu cewe cantik, pinter, setia, dan cengeng banget bernama anggun”.
“sahabat gue yang ini emang paling bisa ya mujinya hehehe” tutur anggun sambil tersenyum manis.
 #####
Pukul 19:00 wib. Suara hp anggun berdering.
“hallo sayang, aku udah didepan rumah kamu nih, keluar ya”. Suara vino terdengar di telepon
Ternyata vino, setelah mengangkat telepon dari vino. Tanpa berkata kata anggun langsung menutupnya dan lari keluar rumah untuk menemui vino yang sudah menunggunya diluar.
“kamu kok nggak bilang kalau mau kerumah?”. Sapa anggu setelah sambil membuka pintu gerbang rumahnya
“aku mau bikin kejutan buat kamu. Nih aku bawain martabak keju kesukaan kamu”.
“makasih sayaaang”. Sambut anggun dengan senyum manisnya.
Akhirnya anggun mengajak vino ke ruang keluarganya untuk makan martabak keju nya bersama sama.
“anggun, nanti kalau ada waktu luang aku mau ngenalin kamu ke sesi. Tapi bukan sebagai mantan aku ya. Tapi sebagai teman aku”. Tutur vino mengawali pembicaraan mereka
Anggun yang lagi menikmati martabak keju langsung tersentak.
“apa?????”. Anggun langsung terdiam sejenak
“nggak apa apa ya sayang. Aku juga banyak cerita sama dya tentang kamu. Dan dya mau banget ketemu sama kamu”.
“aku pikir pikir dulu deh”. Jawaban anggun kurang semangat
“ kenapa sayang? Besok itu rencananya dya mau makan siang bareng sama kita. Gimana? Kamu mau kan?”.
Sementara itu anggun hanya bisa diam dan sulit berkata kata.
“kalau kamu diam berrti kamu mau”. Tutur vino
“i....ya a...ku mau”. Jawab anggun terbata bata
#####
Keesokan harinya pukul 13:00 wib vino mengajak anggun makan siang di   queen resto untuk makan siang bersama sesi. Tidak lama mereka memesan makanan ada cewe yang menghampiri meja makan mereka. Ternyata itu adalah sesi. Satu kata untuk cewe seperti sesi adalah sederhana.
Sesi cewe yang pernah menyakiti vino bukan lah cewe yang glamour, seksi, dan high class seperti yang anggun bayangkan. Melainkan cewe manis, sopan, sederhana dan apa adanya. Terlihat dari gaya dya berbicara dan berpakaian.
“hai saya sesi. Kamu pasti anggun kan”. Sapa sesi sambil tersenyum manis
“iya aku anggun”. Anggun menjawab sapaan sesi dengan ramah.
Ternyata sesi bukan lah cewe seperti yang di bayangkan anggun. Sesi cewe ramah yang friendly. Nggak heran kalau vino betah banget kalau sudah ngobrol bareng sesi.
#####
Setelah beberapa hari kemudian. Tiba tiba saja sesi mengajak anggun bertemu tanpa mengajak vino.
“maaf ya anggun sebelumnya, aku ngajak kamu ketemuan gini tanpa vino”.
“emangnya ada apa ses ?”.
“gue Cuma mau ngomongin soal vino, lo tahukan kalau gue mantannya vino. Dan lo tahu nggak apa penyebab gue putus sama vino?”.
“gue tahu kok semua tentang vino dan elo”.
“baguss deh kalau lo tahu, dan lo juga harus tahu kalau gue nyesel banget pernah nyakitin vino, gue pengen ngebayar semua kesalahan gue ke dya, gue mau balik lagi sama vino”.
Duaarrrrr mendengar perkataan sesi, perasaan anggun langsung meledak dan hatinya terasa hancur.
“maksud lo apa? Lo mau balikan lagi sama vino?”.
“iya gue mau ngebayar semua yang dulu pernah gue lakuin ke vino, gue masih sayang sama vino, dan nggak akan pernah nyakitin dya lagi kalau gue bisa balik sama dya”.
“maaf ya sesi. Gue rasa sekarang vino udah jauh lebih bahagia sama gue di banding dulu sama lo. Lo sama dya pacaran Cuma 2 bulan sedangkan gue udah satu tahun lebih”.
“gue bener bener masih sayang sama vino. Apa lo bener bener nggak mau lepasin dya buat gue”.
“nggak semudah itu gue mau ngelepasin vino buat cewe yang jelas jelas udah pernah nyakitin dya, nggak semudah itu juga lo ngancurin hubungan satu tahun yang udah gue jalanin sama vino”.
“kita nggak mau nyerahin semua keputusan sama vino. Maksudnya biar vino yang pilih antara lo atau gue”.
“gue rasa nggak perlu, kita udah tahu kok jawabannya apa. Vino udah cukup terluka sama perlakuan lo yang dulu yang jelas banget di depan mata nya dya lo selingkuh sama temennya sendiri”.
“itu masa lalu dan gue dateng kesini mau membayar atas semua yang udah gue lakuin ke vino. Gue masih sayang banget sama vino. Pleasee lepasin dya buat gue”.
“sesi!!!!!!”. Suara itu datang tiba tiba dan menghampiri mereka, itu suara vino yang sedikit membentak sesi
“maksud lo apa ngomong kayak gitu?”.
“gue masih sayang banget sama lo vino”.
“maaf ses, gue kira lo dateng ke gue mau menjalin hubungan pertemanan yang baik sama gue. Tapi kalau tujuan lo kayak gitu mau ngancurin hubungan gue sama anggun, maaf maaf aja ses, gue nggak mau ketemu sama lo lagi”.
“ta ta pi vin” kata sesi sedikit terbatah batah
“gue rasa udah jelas nggak ada yang perlu di bicarain lagi. Tadi gue udah denger pembicaraan lo sama anggun. Dan gue nggak akan semudah itu mau balik lagi ke elo. Gue  udah bahagia banget sama anggun. Tolong jangan ganggun hubungan kami”.
Jelas vino sambil merangkul tangan anggun dan membawanya pergi. Disitu anggun hanya terpaku dan terdiam dan merasa bahagia atas apa yang di katakan vino ke sesi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar