Menu Dropdown

Jumat, 30 Maret 2012

4. PARA PELAKU EKONOMI


  • Dalam perekonomian Indonesia dikenal tiga pelaku ekonomi pokok (sering disebut sebagai agen-agen pemerintah dalam pembangunan ekonomi), yakni : Koperasi, sek. Swasta, sek. Pemerintah

            Sesuai dengan konsep trilogi pembangunan (pertumbuhan, pemerataan, dan kestabilan ekonomi), maka masing-masing pelaku tersebut memiliki prioritas fungsi sebagai berikut :
·        Koperasi
Pemerataan hasil ekonomi pertumbuhan kegiatan ekonomi kestabilan yang mendukung kagiatan ekonomi.
·        Swasta
Pertumbuhan kegiatan ekonomi pemerataan hasil ekonomi kestabilan yang mendukung kegiatan ekonomi.
·        Pemerintah BUMN  
      Kestabilan yang mendukung kegiatan ekonomi pemerataan hasil ekonomi  pertumbuhan kegiatan ekonomi.

  • Peranan BUMN dalam sistem perekonomian Indonesia.   
        Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan Badan Usaha Pemerintah yang         memiliki peranan sebagai salah satu pelaku usaha dalam aktifitas pengembangan perekonomian nasional. Peranan BUMN cukup penting dan strategis dimana selain mengembangkan usaha BUMN sebagai pelaku usaha juga dibebani tugas ikut membina dan mengembangkan sektor Usaha Kecil Menengah baik di Pusat Pemerintahan maupun di Daerah, serta ikut peduli pembinaan lingkungan hidup (bina lingkungan).  
Bina lingkungan ini masuk dalam cakupan tanggung jawab BUMN karena disadari bahwa iklim kerja akan dapat meningkat manakala lingkungan hidup tempat usaha nyaman dan bersih, oleh karena itu peduli pembinaan lingkungan saat ini masuk dalam lingkup tanggung jawab BUMN. 
Peranan penting dan strategis yang semakin luas cakupannya ini kadang – kadang kurang dimengerti oleh para pelaku usaha sehingga timbul berbagai interpretasi bahwa kinerja BUMN dianggap kurang memiliki peranan dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan perekonomian nasional serta pembinaan lingkungan hidup, padahal kinerja BUMN dari tahun ke tahun senantiasa mengalami perubahan dan peningkatan seiring dengan perkembangan dan peningkatan perekonomian Indonesia serta pembenahan lingkungan usaha yang harus semakin kondusif dan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar