Menu Dropdown

Selasa, 03 April 2012

1. STRATEGI PEMBANGUNAN

salah satu konseppenting yang perlu di perhatikan salam mempelajari perekonomian suatu negara adalah mengetahui tentang strategi pembangunan ekonomi yang diberi batasan sebagai suatu tindakan pemilihan atas faktor-faktor (variabel) yang akan dijadikan faktor/variabel utama yang menjadi penentu jalannya proses pertumbuhan.
beberapa strategi pembangunan ekonomi yang dapat disampaikan adalah :
* strategi pertumbuhan 
   adapun inti dari konsep strategi yang pertama ini adalah :
    1. strategi pembangunan ekonomi suatu negara akan terpusat pada upaya pembentukan modal.
    2. pertumbuhan ekonomi akan dinikmati oleh golongan lemah melalui proses merambat ke bawah.
    3. jika terjadi ketimpangan atau ketidakmerataan, hal tersebut merupakan prasyarat terciptanya    pertumbuhan ekonomi
    4. kritik paling keras dari strategi yang pertama ini adalah, bahwa pada kenyataan yang terjadi adalah ketimpangan yang semakin tajam.
* strategi pembangunan dengan pemerataan
inti dari konsep strategi ini adalah dengan ditekankannya peningkatan pembangunan melalui teknik sosia engineering, seperti hal nya melalui penyusunan perencanaan induk dan paket program terpadu.
*strategi ketergantungan
inti dari konsep strategi ketergantungan adalah :
- untuk terbebas dari kemiskinan dan keterbelakangan ekonomi, negara tersebut harus mengarahkan upaya untuk melepaskan diri dari ketergantungan dari pihak lain. langkah yang dapat ditempu adalah : meningkatkana produksi nasional yang disertai dengan peningkatan kemampuan dalam bidang poduksi, lebih mencintai produk nasional, dan sejenisnya.
*strategi yang berwawasan ruang 
strategi ini di kemukakan oleh Myrdall dan Hirchman yang mengemukakan sebab-sebab kurang mampunya daerah miskin berkembang secepat daerah yang lebih kaya/maju di karenakan kemampuan /pengaruh menyebar dari kaya ke miskin lebih kecil daripada terjadinya aliran sumber daya dari miskin ke daerah kaya.
*strategi pendekatan kebutuhan pokok
sasaran dari strategi ini adalah menanggulangi kemiskinan secara masal.strategi ini dikembangkan oleh oleh organisasi perburuhan sedunia (ILO) pada tahun 1975. dengan menekankan bahwa kebutuhan pokok manusia tidak mungkin dapat di penuhi jika pendapatan masih rendah akibat kemiskinan yang bersumber pada pengangguran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar